Pengertian dan asal Kopi Robusta

Kopi robusta adalah keturunan dari beberapa jenis kopi yang telah ada terutama kopi jenis canephora. Kopi robusta ini akan tumbuh baik di ketinggian 400-700 meter dari permukaan laut. memiliki kualitas yang lebirh rendah dari arabika. sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Robusta

Kopi Robusta di tanam di Indonesia pada tahun 1900, kopi jenis ini didatangkan dari hutan equator afrika. Karena kopi robusta memiliki pertumbuhan yang kuat maka salah satu alasan didatangkan di Indonesia untuk mengatasi karat daun. Selain itu pemeliharaannya mudah serta memiliki buah yang lebih banyak. Dan faktanya saat ini di aceh kopi jenis robusta mendominasi hingga 90% tanman kopi disana. selain di aceh yang didominasi antara lain Tapanuli, Jawa Timur, Lampung, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatra Selatan.

Langkah Budidaya Kopi Robusta

Cara membudidayakan kopi robusta sangat mudah seperti yang telah saya sampaikan diatas. langkah-langkahnya anta lain:
Bibit Robusta biasanaya dilakukan dengan bibit cangkokan, sambung, okulasi, maupun stek. Untuk proses pemupukan harus mengandung phospat, nitrogen, kalium, serta unsur mikro dalam jumlah yang pas. pemberian pupuk cukup dilakukan 2 kali dalam 1 tahun yaitu di awal dan akhir musim penghujan.

Ciri-Ciri buji kpi Robusta

Bentuk biji robusta memiliki perbedaan diantaranya: berbentuk lebih bulan dan bijinya lebih besar dibandingkan biji kopi pada umumnya.
gambar biji robusta

kopi robusta di indonesia
Berikut ini gambaran secara umum tentang kopi Robusta yang ada di Indonesia, Sedangkan untuk kopi luwak robusta pastinya akan berbedadengan kopi rousta biasa, karena hewan musang / luwak telah memilih yang spesial untuk kita.

0 Response to "Pengertian dan asal Kopi Robusta"

Posting Komentar

Entri Populer