CARA MENUJU KE KARIMUNJAWA

Langkah menuju Karimunjawa dari segala arah

Artikel tentang cara menuju ke Karimunjawa ini adalah tulisan pendek yang menceritakan tentang langkah-langkah untuk berkunjung ke Karimunjawa.

gimana cara ke karimunjawa

Pertama-tama yang perlu diketahui adalah Kepulauan Karimunjawa termasuk kedalam pemerintahan kabupaten Jepara Jawa Tengah. Dekat dengan kota Semarang, Kudus, Demak. Jepara terkenal dengan ibu kebangsaaan yang kita cintai yaitu Ibu Kartini. Maka dari itu kenapa pelabuhan di Jepara dinamakan pelabuhan Kartini.

1. Dari Jawa Barat ke Karimunjawa

Untuk berkunjung ke Karimunjawa anda harus menuju ke Jawa Tengah terlebih dahulu, setelah di jawa tengah silahkan anda menuju ke Jepara. Untuk menuju ke Jepara bisa melalui beberapa Jalur. Jika anda dari Jawa Barat, anda dapat lewat Semarang / Jogja dengan berbagai pintu masuk yaitu Udara dan Darat.

A. Ke Karimunjawa Menggunakan Pesawat Lewat Semarang

Menuju Jepara menggunakan Pesawat kurang lebihnya seperti ini. Anda akan mendarat di bandara Ahmad Yani yang belamat di Jl Puad A Yani Bandara Ahmad Yani Semarang 50149. Dari Semarang anda bisa menuju Jepara dengan beberapa cara:
1. Taksi (Recomended)
2. Bus
3. Travel
4. Sewa Mobil (Recomended)

Menggunakan Taksi Menuju Jepara

Setelah sampai di Semarang silahkan anda mencari taksi di bandara, langsung nego dengan sang supir / menurut argo. Biaya yang biasanya dikeluarkan untuk Semarang-Jepara menggunakan taksi yaitu sebesar Rp 300.000,- sampai Rp 350.000,- dengan kapasitas bisa diisi 4 orang. Perjalanan akan ditempuh selama 2-3 jam. Taksi Recomended karena ketika anda datang di Semarang anda bisa langsung menuju ke Jepara kapan saja tanpa terkait oleh waktu / jam, selain itu taksi lebih nyaman dari pada travel dan bus dan juga anda langsung diantar di Pelabuhan Kartini Jepara untuk lokasi meeting point.

Menggunakan Bus Menuju Jepara

Jika anda menghendaki menggunakan bus untuk menuju ke Jepara langkahnya kurang lebih seperti ini. Setelah mendarat di Bandara, silahkan anda menggunakan taksi untuk menuju ke Terminal Terboyo Semarang biaya sekitar Rp 30.000,- samapi Rp 50.000,-. Setelah di Terboyo silahkan anda mencari bus jurusan Jepara, bus ini biayanya sekitar Rp 20.000,-. Jarak yang akan anda tembuh yaitu 2-3 jam perjalan. Jadwal bus sendiri yaitu mulai jam 4 pagi sampai jam 6 sore. Jadi jika anda datangnya malam anda akan digantikan oleh omprengan dengan biaya Rp 50.000,- Sampai Pelabuhan Kartini Jepara.
Langkah selanjutnya jika anda menggunakan bus adalah, turun di terminal Jepara kemudian naik becak dengan biaya sekitar Rp 15.000,- / sampai di Pelabuhan Kartini Jepara. Atau jika anda romobongan bisa langsung bilang sama kondekturnya untuk menurunkan di dekat Pelabuhan Kartini Jepara dengan syarat tentunya nambah biaya dikit dari Rp 20.000,- menjadi Rp 25.000,- / orangnya.

Menggunakan Travel Menuju Jepara

Untuk menggunakan jasa travel Semarang Jepara anda tidak bisa langsung dari Bandara. Anda harus menggunakan taksi terlebih dahulu untuk menuju ke meeting point trabelnya yaitu di Halte depan RS. Sultan Agung dekat Terminal Terboyo Semarang. Setelah sampai di depan RS tersebut anda kan bertemu dengan travel untuk menuju ke Jepara. Tarif yang akan anda keluarkan untuk travel Semarang-Jepara yaitu Rp 40.000,- sedangkan taksi dari bandara ke halte sekitar Rp 40.000,-.

Menggunakan Jasa Rental Mobil

Berbeda dengan yang satu ini, Memang dnengan harga yang agak mahal yaitu Rp 600.000,- / orangnya anda sudah bisa duduk santai menikmati perjalanan Semarang-Jepara tanpa meikirkan apa-apa (pokoknya tahu beres). Sewa rental mobil ini menggunakan Avanza dengan kapasitas 7 orang. Jika dibagi rata 7 orang maka jatuhnya biaya akan sama dibanding menggunakan jasa transportasi lainnya.

B. Ke Karimunjawa Menggunakan Pesawat Lewat Jogja

Jika anda menggunakan jalur Jogja menggunakan pesawat maka anda akan turun di Bandara Adisutjipto yang beralamat Jl. Solo Km 9 Jogjakarta. 55282. Setelah sampai di Bandara anda bisa menggunakan taksi untuk menuju ke Terminal untuk naik bus jurusan Semarang, setelah sampai semarang anda baru bisa menuju ke Semarang atau seperti petunjuk yang telah disampaikan diatas. Biayanya sekitar Rp 30.000,- untuk Jogja-Semarang.

Selain menggunakan bus, anda dapat menggunakan travel untuk menuju ke Jepara, Dengan biaya sekitar Rp 80.000,- Perjalanan yang akan anda tempuh juga semakin jauh yaitu sekitar 5-6 Jam untuk menuju ke Jepara.

Penjelasan diatas adalah jika anda dari jawa Barat menggunakan jalan Udara. Berikut ini adalah cara anda menuju ke Jepara lewat jalur darat. Mudah saja jika anda membaca artikel ini dari atas maka akan ketemu langkah-langkah yang pas untuk anda. Intinya jika Anda menggunakan jalu darat. maka anda bisa turun di Semarang dahulu atau langsung menuju ke Jepara tergantung bus dari kota asal anda memiliki tujuannya kemana.

2. Dari Jawa Timur ke Karimunjawa

Diatas sudah dijelaskan cara ke Karimunjawajika anda dari Jawa Barat. Nah untuk anda yang dari jawa Timur makan anda bisa melewat Jalur Pantura atau Jalur Tengah. Diambil contoh saja dari Surabaya. Jika anda menggunakan jalur pantura, maka anda harus turun di Kudus untuk melanjutkan perjalan ke Jepara tepatnya ke Pelabuhan Kartini Jepara untuk menuju ke Karimunjawa. Waktu yang akan anda tempuh yaitu Surabaya- Kudus sekitar 7-8 Jam, Kudus-Jepara sekitar 1,5-2 Jam menggunakan angkutan umum.

Namun jika anda menggunakan jalu tengah maka anda akan turun di Jogja /  Solo baru menuju ke Jepara. Jalur di Tengah hampir sama dengan tulisan saya diatas tadi. Jika anda dari Jogaja maka jalurnya adalah Jogja-Semarang-Jepara-Karimunjawa Atau bisa langsung Jogja-Jepara-karimunjawa.

0 Response to "CARA MENUJU KE KARIMUNJAWA"

Posting Komentar

Entri Populer